Latest News

Sejarah Gazelle Model Girder Frame

Gazelle Rijwielfabriek adalah pabrik sepeda asal Belanda yang membuat sepeda klasik untuk wanita maupun laki-laki. Walaupun kualitas hasil pernis, krom dan onderdil setiap periode mengalami perubahan, namun pada prinsipnya tidak ada perubahan besar dari hasil produk yang ditawarkan.

Sepeda Gazelle tampak selalu istimewa karena munculnya sejumlah model tertentu. Salah satunya adalah model Gazelle Girder Frame. Sejak 1910 hingga 1912, Gazelle menghasilkan model frame girder yang ditandai dengan nomor tipe 10 (Gazelle No. 10 Heeren Rijwiel).
Gazelle Model Girder Frame

Frame model girder ini awalnya dibuat oleh beberapa pabrik sepeda di Inggris seperti Royal Enfield maupun Robin Hood. Tak lama kemudian, pabrik sepeda di Belanda pun mengikutinya. Sebut saja Quadrant (lesensi dari Alt Cyclework dari Leiden),Gruno, Eysink, dan Schwager.

Ciri sepeda model girder ini terdapat pipa tambahan dari tabung depan ke tabung tempat tiang sadel, sekitar 20 cm di atas bracket. Mulai dari titik itu ada dua pipa kecil ke arah garpu belakang dengan posisi horisontal.

Konstruksi ini dimaksudkan sebagai penguat frame secara keseluruhan. Sepeda Gazelle Girder Frame ini terbilang istimewa dan langka, karena hanya diproduksi sedikit.

Referensi


http://www.rijwiel.net/kruisf2e.htm
http://www.rijwiel.net/hollradd.htm